Selasa, 28 Mei 2019 - 10:12:55 WIB

Bank Syariah Diminta Memperkuat Sistem Bagi Hasil

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Ekonomi

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta bank syariah memperkuat sistem bagi hasil. Dengan begitu, masyarakat tak bingung membedakan bank syariah dengan bank konvensional.
 
"Tadi arahan dari Pak Wakil Presiden sangat jelas, kalau bicara mengenai bank syariah itu harus lebih efisien, dan juga harus kembali kepada arahnya bahwa bank syariah harus lebih kuat ke arah yang bagi hasil," kata Direktur Eksekutif Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) Ventje Rahardjo Soedigno usai bertemu JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis, 28 Maret 2019.
 
Menurut dia, saat ini masih ada yang perlu diperbaiki pada sistem di bank syariah. Sebab, kata dia, perbedaan sistem yang dianut bank syariah dan bank konvensional belum tampak. 

 Perbedaan yang paling mencolok, lanjut Ventje, bank syariah menganut sistem bagi hasil. Sedangkan bank konvensional sistem bunga.

 

"Jadi jangan sampai sistem bunga yang ada di bank konvensional itu juga dianut tapi dilaksanakan juga di bank syariah. Jangan sampai seperti itu," tegas dia.

 Selain itu, KNKS akan membuat studi supaya bank syariah tumbuh menjadi lebih besar, aman, dan efisien. Sehingga, prinsip-prinsip syariah dapat dijalankan secara konsisten.

 
Dia juga berharap ke depan bank syariah bisa lebih kompetitif ketimbang bank konvensional. Terutama bila konsisten menjalankan prinsip-prinsip syariah ini.
 
"Kalau memang kemudian bank syariah itu bisa lebih kompetitif, efisien dengan harga lebih baik, bidang-bidangnya (yang dibidik untuk menumbuhkan bank syariah) jadi lebih terbuka," ujar dia.
 
Secara umum, jelas dia, bank syariah masih fokus di sektor consumer banking. Misalnya, pembiayaan KPR rumah syariah dan pembiayaan kendaraan bermotor.
 
Pada bidang perusahaan, bank syariah lebih kepada pembiayaan proyek pemerintah. Misalnya, dalam pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.
 
"Itu yang kita pelajari dari berbagai bank syariah, tampaknya itu adalah kompetensi yang dimiliki oleh mereka," pungkas dia.




Isi Komentar :
  • Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.
  • "Sukuk ritel bisa jadi alternatif investasi, karena dikeluarkan oleh pemerintah jadi dijamin 100%.
  • Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.
  • Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.
Link

• 06 Maret 2015
Expo iB Vaganza 2015
• 08 Maret 2015
iB Vaganza Fun Bike 2015
BPR Syariah Investama Mega Bakti juga melayani pembayaran melalui PermataMini ATM kerjasama dengan Permata Bank Syariah