Kamis, 06 November 2014 - 14:01:55 WIB

OJK Bertekad Pesawat dan Megaproyek RI Dibiayai Dana Syariah

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Ekonomi

Harapan ini disampaikan Ketua OJK Muliaman Hadad yang menilai industri jasa keuangan syariah memiliki tiga tugas penting.

Dream - Industri keuangan syariah di masa depan diharapkan bisa membiayai sejumlah mega proyek di Tanah Air. Bukan tidak mungkin, pembangunan Bandara, pesawat terbang, dan sejumlah proyek infrastruktur lain bisa dibiayai dana syariah.

Harapan tersebut disampaikan Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad dalam Bincang Nasional tentang Pemberdayaan Lembaga Pesantren dalam Menjawab Tantangan Global serta Mendorong Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Kantor Perwakilan BI, Surabaya, Rabu, 5 November 2014.

"Industri keuangan syariah harus mampu menyediakan pembiayaan jangka panjang," kata Muliaman.

Menurut Muliaman, industri keuangan syariah di Indonesia memang memiliki tiga tugas utama yang harus segera diselesaikan.

Ketiga tugas tersebut adalah membuka akses seluasnya kepada masyarakat, memberikan layanan kepada kelompok masyarakat menengah, dan menyediakan pembiayaan jangka panjang.

Muliaman mengakui, selama ini OJK memang senantiasa mendengar keluhan sulitnya masyarakat mendapatkan akses keuangan. Padahal di beberapa negara Afrika, program kemiskinan justru dilakukan dengan membuka akses seluasnya nagi masyarakat.

Sementara terhadap layanan pada masyarakat kelas menengah, OJK melihat pertumbuhan kelas sosial baru ini akan membutuhkan produk keuangan yang lebih inovatif.

"Kalangan ini juga memerlukan makanan halal, busana muslim, wisata syariah. Ini semua bisa memerlukan akses keuangan syariah," katanya.

Untuk menyebarluaskan akses tersebut, OJK berharap peran Pondok Pesantren bisa membantu mengubah paradigma keuangan dari micro financial menjadi financial inclusion.

"Akses selalu dibuka tapi seringkali tak bisa dipertanggungjawabkan penggunaannya. Mendekatkan keuangan itu baru separuh perjalanan, selanjutnya adalah pemberdayaan," kata Muliaman.




Isi Komentar :
  • Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.
  • "Sukuk ritel bisa jadi alternatif investasi, karena dikeluarkan oleh pemerintah jadi dijamin 100%.
  • Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.
  • Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.
Link

• 06 Maret 2015
Expo iB Vaganza 2015
• 08 Maret 2015
iB Vaganza Fun Bike 2015
BPR Syariah Investama Mega Bakti juga melayani pembayaran melalui PermataMini ATM kerjasama dengan Permata Bank Syariah